Kamis, 02 Juli 2015

Beginilah Cara Pembawa Sifat Turunkan Thalassemia pada Keturunannya

Cara pembawa sifat menurunkan thalassemia ialah dengan cara menikah. Jika salah satu dari orang tua menderita pembawa sifat sedangkan sisanya normal maka kemungkinan anak menjadi thalassemia minor atau pembawa sifat ialah 50% dan normal 50%. Namun anak tidak mungkin mengalami thalassemia mayor. 

Sedangkan jika kedua orang tua menderita pembawa sifat maka ada tiga kemungkinan yaitu 25% kemungkinan anak memiliki darah normal atau tidak mengidap thalasemia, 50% menjadi pembawa sifat thalassemia dan 25% sisanya berkemungkinan mengidap thalassemia mayor. 

Karena berkaitan dengan keturunan, pasangan yang ingin menikah dianjurkan untuk memeriksakan darahnya untuk di uji thalassemia dengan harapan angka thalassemia dapat dicegah. Bila anda mengalami thalassemia pembawa sifat jauh lebih baik jika memilih pasangan normal dengan harapan anda tidak memiliki keturunan pengidap thalassemia. 
Sedangkan jika anda dan pasangan anda mengidap thalassemia pembawa sifat dan memutuskan untuk tetap menikah alangkah baiknya jika selama kehamilan terus kontrol ke dokter untuk mengetahui kondisi anak anda apakah pengidap thalassemia mayor, thalassemia minor seperti anda atau normal. Dan anda harus memperhitungkan dan menerima segala konsekuensinya mengingat anak dengan thalassemia mayor membutuhkan donor darah sepanjang hidupnya.   

Tidak ada komentar:

Posting Komentar