Rabu, 10 Juni 2015

Ini Alasan Mengapa Konsumsi Air Cukup Penting

Konsumsi air banyak terkadang enggan dilakukan oleh sebagian orang dengan berbagai alasan. Salah satunya ialah malas buang air kecil atau ke toilet.  Hal ini tentu sangat disesalkan mengingat air sangat baik untuk tubuh. Diketahui fungsi air bagi tubuh manusia sebagai pembentuk sel dan cairan tubuh, pengatur suhu tubuh, pelarut, pelumas dan bantalan, media transportasi, media eliminasi toksin dan produk sisa metabolisme. 
Air sebagai pembentukan berbagai cairan tubuh seperti darah, cairan lambung, hormon, enzim,. Selain itu air juga terdapat dalam otot dan berguna untuk menjaga tonus otot sehingga otot dapat berkontraksi.
Air sebagai pengatur auhu tubuh. Air menghasilkan panas, menyerap dan menghantarkan panas keseluriuh tubuh sehingga  suhu tubuh  tetap stabil. Selain panas air juga bisa bersifat mendinginkan dengan cara memproduksi keringat.
Air sebagai pelarut. Air melarutkan zat gizi lainnya dan membantu proses pencernaan makanan bahkan membantu dari makanan masuk ke dalam mulut  hingga menjadi feses.
Air sebagai pelumas dan bantalan. Pelumas disini ialah pelumas pada sendi yang memungkinkan sendi untuk bergerak dengan baik dan meredam gesekan antar sendi. Bahkan bila kekurangan air dipercaya dapat menyebabkan  nyeri sendi. Uniknya beberapa hasil penelitian juga menunjukkan bahwa pemenuhan kebutuhan air dalam tubuh dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar