Kamis, 02 Juli 2015

Setiap Tahunnya 100.000 anak lahir di dunia mengidap Thalassemia

Thalassemia merupakan suatu kelainan sel darah merah yang disebabkan berkurang atau tidak dibentuknya bahan pembentuk haemoglobin yang berakibat sel darah merah mudah pecah. Kelainan darah ini banyak diderita oleh masyarakat dunia, khususnya pada orang yang berasal dari daerah Laut Tengah, Timur Tengah atau Asia. Namun kelainan ini jarang di temukan pada orang yang berasal dari Eropa Utara. Diperkirakan setiap tahunnya setidaknya terdapat 100.000 anak yang lahir di dunia dengan thalassemia mayor sedangkan di Indonesia tidak kurang dari 3.000 anak lahir dengan penyakit tersebut. 

Apa itu Thalassemia Mayor? Sebelumnya secara klinis thalassemia dibagi menjadi 3 bagian yaitu Thalassemia Mayor, Thalassemia Intermedia dan Thalassemia Minor. Thalassemia Mayor merupakan suatu penyakit darah yang diderita sejak lahir  di mana anak anak yang memiliki thalassemia mayor tidak dapat membentuk haemoglobin yang cukup dalam darah mereka sehingga penderita penyakit turunan ini wajib melakukan transfusi darah demi keberlangsungan hidup. 

Thalassemia intermedia memiliki gejala yang sama dengan thalassemia mayor namun thalassemia intermedia tidak selalu membutuhkan transfusi darah layaknya mayor. Sedangkan thalassemia minor merupakan pembawa sifat thalassemia atau dapat dikatakan orang thalassemia minor merupakan orang sehat namun dapat menurunkan thalassemia mayor pada keturunannya dengan catatan pasangannya juga pembawa sifat thalassemia. Penderita thalassemia minor pun layaknya orang sehat pada umumnya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar