Jumat, 16 Mei 2014

4 Langkah Mudah, Cegah dan Atasi Obesitas

Obesitas kini menjadi masalah kesehatan diberbagai negara dibelahan dunia, salah satunya Indonesia. Indonesia, prevalensi obesitas pun terus menerus merangkak naik baik pada wanita maupun pria dewasa yaitu data riskesdas 2013 menunjukkan bahwa prevalensi wanita obesitas meningkat menjadi 32,9% dan 19,7% pada pria dewasa. Peningkatan prevalensi obesitas secara terus menerus pun sangat dikhawatirkan, karena telah diketahui bahwa obesitas sangat berkaitan dengan beberapa penyakit degenerative lainnya seperti penyakit jantung koroner, stroke, diabetes tipe 2, hipertensi, dislipidemia, kanker. 

Namun, sebenarnya obesitas dapat dicegah maupun diatasi yaitu dengan 4 langkah mudah, yaitu hitung jumlahnya, perbanyak variasinya, makan tepat waktu dan perhatikan cara memasak. Hitung jumlahnya yaitu seseorang disarankan menghitung jumlah kalori yang dibutuhkan tentunya sudah disesuaikan dengan jenis kelamin, usia, pekerjaan dll, lalu dibagi kembali per jenis makanan yaitu 50-60% karbohidrat, 10-15% protein dan <30% lemak. 

Perbanyak variasinya, seseorang tidak perlu mengonsumsi makanan yang sama setiap harinya melainkan bervariasi, seperti nasi diganti kentang ataupun beras merah” paparnya. Makan tepat waktu pun dapat berperan penting dalam mencegah ataupun mengatasi obesitas, karena jika seseorang tidak makan maka pada waktu makan selanjutnya akan memakan makanan dengan porsi yang lebih besar dan hal itu lah yang dapat memacu peningkatan berat badan. 

Langkah terakhir ialah perhatikan cara memasak, sama pentingnya dengan 3 langkah sebelumnya, cara memasak yang salah pun diduga dapat memacu obesitas, salah satunya ialah dengan teknik menggoreng. Teknik menggoreng merupakan teknik yang paling sering dilakukan oleh semua orang, karena merupakan hal yang praktis namun jika dilihat kalori yang terkandung dalam makanan dapat meningkat dua kali lipat setelah dilakukan penggorengan, contohnya saja kerupuk yang belum digoreng hanya berkisar 10 kalori saja, namun jika digoreng dengan minyak 1 gram saja kalorinya dapat meningkat hingga 19 kalori atau hampir dua kali lipatnya. Sehingga teknik menggoreng tidak direkomendasikan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar