Senin, 12 Oktober 2015

Panu, Menular atau Tidak?

Panu merupakan salah satu jenis penyakit kulit yang dikenal luas oleh masyarakat. Beberapa orang menganggap panu merupakan penyakit menular namun sebagaian mengatakan panu tidak menular. Kalau menurut anda panu menular atau tidak? 
Penyakit kulit yang kerap disebut tinea versicolor atau pityriasis versicolor ini menyebabkan bercak bercak kecil pada kulit di mana bercak ini warnanya jauh lebih terang dibandingakan dengan warna kulit normal dan disertai dengan gatal-gatal. Panu sendiri disebabkan oleh jamur Malassezia yang berkembang secara berlebihan akibat kulit berminyak, cuaca panas, lembab, keringat berlebih, perubahan hormonal dan sistem imun yang lemah. 
Pada umumnya jamur ini sudah ada namun pada kondisi kulit yang sehat jamur ini tidak berkembang secara berlebihan sehingga dipastikan panu bukanlah penyakit menular. Jika anda memiliki panu maka disarankan untuk memakai krim, salep ataupun sabun yang mengandung clotrimazole, selenium sulfide 1%, miconazole, terbinafine, dan zinc pyrithione di mana biasanya obat ini dapat diperoleh secara bebas baik di supermarket maupun apotik. 
Sebelum memakai obat panu dalam bentuk krim ataupun salep dianjurkan untuk terlebih dulu mencuci bagain kulit yang terdapat panu lalu keringkan. Setelahnya baru oleskan krim tipis sebanyak 1-2 kali sehari selama 2 minggu dan jika anda menggunakan sabun maka baiknya didiamkan 5-10 menit sebelum dibilas. Namun jika tidak ada perubahan maka dapat menghubungi dokter segera

Tidak ada komentar:

Posting Komentar