Senin, 12 Oktober 2015

Hepatitis A Serang 400 Ribu Orang Setiap Tahun


Jumlah pengidap penyakit hepatitis A di dunia diperkirakan mencapai 1,4 juta jiwa setiap tahun. Tak jauh berbeda di Asia Tenggara sendiri, kasus hepatitis diperkirakan mencapai 400.000 orang dan berhasil membunuh 800 jiwa di mana sebagaian besar ialah anak anak. 
Hepatitis A merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang organ hati yang disebabkan oleh infeksi virus dengan gejala awal meliputi demam, mual, muntah, nyeri pada sendi dan otot serta diare namun ketika organ hati mulai diserang maka gejala yang muncul berupa urin bewarna gelap, tinja pucat, sakit kuning dan pada perut bagian kanan atas juga akan terasa sakit terutama jika ditekan. 
Penyebab penyakit ini ialah virus hepatitis A yang dapat menyebar dengan mudah melalui makanan dan minuman yang telah terkontaminasi oleh tinja pengidap hepatitis A. Penyebaran akan lebih dipermudah jika lingkungan buruk, kerap melakukan kontak langsung dengan penderita dan bekerja di area yang berhubungan dengan selokan seperti petugas kebersihan. 
Untuk pengobatan, cukup dengan meningkatkan kekebalan tubuh saja karena penyakit ini akan lenyap dengan sendirinya dan untuk pengobatan yang diberikan biasanya untuk meredakan gejala seperti jika panas maka diberi penurun panas, jika mual diberikan anti mual dan sebagainya. Namun perlu diperhatikan bahwa penyakit ini harus segera diobati karena penyakit ini jika tidak diopbati akan berjalan kearah penyakit kronis yang berujung pada gagal hati. 
Pencegahan dapat dilakukan dengan menjaga kebersihan, mencuci tangan sebelum makan, menghindari makanan mentah atau kurang matang serta mengindari jajan di pedagang kakli lima. Selain itu dapat ditambah dengan melakukan vaksinasi terutama mereka yang rentan untuk mengalami penyakit ini. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar