Kamis, 25 Februari 2016

Naik Tangga Baik untuk Jantung tidak untuk Lutut


Memiliki jadwal yang padat sehingga tidak bisa melakukan olahraga merupakan masalah kebanyakan masyarakat di perkotaan. Namun terkadang banyak orang yang mensiasatinya dengan menaiki tangga ketimbang naik lift dengan alasan olahraga. 
Naik tangga memang diketahui baik untuk jantung di mana naik tangga merupakan latihan aerobik yang dapat memperlancar aliran darah. Namun menurut pakar ortopedi naik tangga bisa menyebabkan kerusakan pada lutut.
Kebiasaan naik turun tangga dinilai merusak karena naik tangga dapat membebani 2,5 kali lipat berat badan sedangkan turun tangga dapat membebani 3,5 kali berat badan. Bisa dibayangkan jika individu dengan berat 100 kg maka ketika dia menaiki tangga  maka lutut menahan beban 250 kg dan ketika turun menahan beban 350kg. 
Kebiasaan inilah yang bisa menyebabkan pengapuran dini yang pada akhirnya akan menyebabkan kerusakan pada lutut. Tidak hanya orang gendut saja, risiko ini juga bisa dialami orang kurus.
Untuk menjaga kesehatan lutut, maka disarankan untuk konsumsi makanan yang kaya akan kalsium dan tidak menaiki tangga. Jika terpaksa naik maka anda dapat berpegangan pada pegangan tangga yang berada di sisi tangga karena dengan berpegangan dapat mengurangi beban pada lutut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar