Senin, 29 Februari 2016

Jalani Operasi Tulang Belakang Pasti Lumpuh. Mitos atau Fakta

Mengalami masalah tulang belakang mungkin kerap dialami bagi sebagaian orang. Salah satu penanganannya ialah Operasi. Seperti yang diketahui banyak masyarakat yang menganggap bahwa individu yang menjalani operasi tulang belakang pasti akan menderita kelumpuhan. 
Dokter pakar ortopedi menyatakan hal tersebut tidak benar atau mitos belaka. Risiko kelumpuhan menurutnya sangat kecil bila ditangani oleh ahli atau yang berkompeten, rumah sakit yang mumpuni, peralatan yang canggih dan prosedur minimal invasif. 
"Jika semua komponen tersebut terpenuhi maka kemungkinan risiko sangat kecil. Dengan ditanganinya dokter yang berkompeten tentu hasilnya sangat baik lain halnya dengan dokter yang tidak berkompeten. Rumah sakit yang mumpuni juga penting di mana rumah sakit menyediakan sarana dan prasarananya sehingga operasi semakin mudah misalnya dengan tersedia alat alat canggih yang membuat tingkat akurasi menjadi lebih tinggi. Dan prosedur minimal Invasif sangat diperlukan" terangnya. 
Prosedur minimal invasif atau bedah minimal ini merupakan prosedur bedah yang dilakukan dengan sayatan kecil sebagai pembuka jalan operasi. Pembedahan dilakukan dengan peneropongan ke dalam rongga tubuh menggunakan kamera yang dihubungkan ke layar monitor untuk dilakukan operasi dengan alat alat khusus. "Kini tidak perlu lagi melakukan bedah terbuka di mana bedah terbuka sayatannya besar di mana bisa merusak jaringan sekitar serta penyembuhannya pun jadi relatif lama" tutupnya. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar