Sabtu, 10 Mei 2014

Beratnya beban penderita diabetes

Diabetes melitus atau dikenal dengan kencing manis merupakan gangguan kesehatan yang berupa kumpulan gejala yang disebabkan oleh peningkatan kadar gula (glukosa) darah akibat kekurangan atau resistensi insulin. Penyakit ini sudah lama dikenal, terutama dikalangan keluarga yang memiliki badan besar baik kegemukan atau obesitas. Bahkan kini DM yang dikenal penyakit yang menyerang orang perkotaan akibat gaya hidup tidak sehat, namun kini DM pun menyerang orang dipedesaan. 

Bahkan dimungkinkan penderita DM terus menerus merangkak naik, bahkan diprediksi terdapat 21 juta penderita pada tahun 2020. Peningkatan ini lebih menonjol pada negara berkembang dibandingkan di negara maju. Dengan tingginya penderita membuat DM menjadi salah satu penyakit tidak menular dengan kasus yang cukup banyak, dan DM juga makin memberi konstribusi yang lebih besar terhadap kematian.

DM cukup menjadi beban kesehatan masyarakat yang cukup berat karena perlu diingat bahwa diabetes tidak bisa disembuhka, namun hanya bisa dikendalikan atau diperlambat agar tidak parah ataupun berlanjut ketahap komplikasi. Komplikasi sangatlah merugikan pasien tidak hanya uang untuk melakukan pengobatan saja, namun produktivitas pun menjadi terganggu. Komplikasi juga akan membengkakan biaya yang harus dibayar pasien untuk mendapatkan pelayanan. Komplikasi sering pula diakhiri dengan kematian.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar