Jumat, 09 Mei 2014

Keterkaitan Human Papillom Virus dengan Kanker Serviks

Human Papillom Virus atau HPV merupakan mikroorganisme yang dicurigai memegang peranan dalam kanker serviks. Hingga kini sudah diidentifikasi sekitar 60 jenis HPV, dimana diantaranya terdapat 23 jenis yang menimbullan infeksi alat genital eksternal baik pada laki laki maupun perempuan. HPV pun merupakan virus yang paling banyak ditemukan di dunia dan menginfeksi sekitar 70% orang dewasa yang aktif melakukan hubungan seksual

Selama infeksi ini tidak diberantas dan tidak diobati, maka infeksi ini dapat meningkat menjadi infeksi kronis (infeksi yang berlangsung lama) dan beberapa kasus bergerak kearah kanker serviks. Infeksi HPV memiliki keterkaitan dengan lebih dari 99% kasus kanker serviks diseluruh dunia. Sedangkan diketahui bahwa kanker ini menjadi penyebab kematian, bahkan tiap tahunnya sekitar seperempat juta wanita meninggal karena penyakit ini. Tidak hanya itu, kanker serviks juga berdampak pada sekitas setengah juta wanita tiap tahunnya dan 80% penderita kanker serviks hidup di negara negara dengan pendapatan penduduk yang rendah atau sedang. 

Tidak dipungkiri, memang salah satu cara terbaik mencegah kanker serviks adalah denganscreening gynaecological. Kini vaksin pun sudah ada untuk mencegah virus HPV, kombinasi antara vaksin dan deteksi dini pun dapat memberikan manfaat yang besar untuk mencegah penyakit kanker serviks. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar