Minggu, 11 Mei 2014

Obesitas pada anak

Obesitas merupakan suatu keadaan dimana adanya penimbunan lemak yang berlebihan yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang normal. Tetapi sayang nya masih adanya stigma yang tumbuh dimasyarakat yang menyatakan bahwa anak gemuk ialah sehat dan menggemaskan. Tidak hanya itu terkadang banyak ibu yang merasa bangga jika anaknya sangat gemuk, padahal obesitas pada anak akan membuat anak memiliki masalah kesehatan di masa yang akan datang. Lebih lebih kalau obesitas pada masa anak anak berlanjut hingga dewasa. 

Bahkan ada seorang ahli yang memgatakan bahwa makin panjang ikat pinggang maka makin pendek pula umurunya. Atau dengan perkataan lain, makin gemuk seseorang maka semakin banyak pula penyakitnya sehingga jarang sekali mencapai umur yang panjang. Obesitas kini tidak hanya dialami oleh para kaum dewasa, namun obesitas kini sudah menyerang anak anak, bahkan kasus obesitas pada anak terus menerus merangkak naik. 

Menurut gejala klinisnya, obesitas dibagi menjadi 3 macam yait
1. Obesitas sederhana, dimana terdapat gejala kegemukan tanpa disertai kelainan hormonal, biasanya hal ini disebabkan oleh faktor nutrisi
2. Bentuk khusus obesitas, 
-kelainan endokrin/hormona
tersering adalah sindrom cushing, dimana pada anak yang sensitif terhadap pengobatan dengan hormon steroid
-kelainan somatodismorfik
3. Kelainan hipotalamus, dimana hal ini mempengaruhi nafsu makan dan berakibat terjadinya obesitas. 


Tidak ada komentar:

Posting Komentar