Jumat, 09 Mei 2014

Stimulasi perkembangan anak dengan permainan

Kata mainan sangat melekat pada anak anak. Bagi anak bermain merupakan suatu aktifitas yang menyenangkan dan merupakan metode bagaimana mereka mengenal dunia.Bermain tidak hanya sekedar mengisi waktu saja, melainkan kebutuhan bagi sang anak. Melalui bermain anak dapat menstimulasi perkembangan dan pertumbuhannya. Yang dimaksud stimulasi disini ialah perangsang yang datangnya dari lingkungan di luar individu anak. 

Stimulasi sangat penting karena diketahui bahwa anak yang mendapatkan stimulasi akan lebih cepat berkembang dibandingkan dengan anak yang kurang atau bahkan yang tidak mendapat stimulasi, selain itu stimulasi bisa menjadi penguat atau reinforcement. Pemberian stimulasi akan lebih efektif apabila memperhatikan kebutuhan anak sesuai dengan tahap perkembangannya. 

Mainan yang diberikan pada anak yang masih dalam tahap golden periode atau dibawah 3 tahun tidak bisa diberikan mainan sembarangan, karena jika salah mungkin tidak bisa menstimulasi perkembangan anak, berikut ciri alat permainan yang sesuai dengan perkembangan anak 

Mainan untuk dibawah 1 tahun, alat permainan yang dianjurkan ialah
-pilih mainan yang aman untuk dimasukkan kedalam mulut dan dipegang
-alat permainan berupa gambar 
-alat permainan lunak berupa boneka 

Mainan untuk 1 hingga 2 tahun, 
-bola
-alat permainan yang dapat didorong dan ditjril
- buku gambar, buku tulis, krayon atau pensil warna untuk mencoret coret.

mainan untuk 2 hingga 3 tahu
-lilin yang dapat dibentuk
-alat untuk menggambar
-puzzle sederhana
- berbagai benda dengan warna berbeda

Mainan 3 hingga 5 tahun
-buku bergambar
-majalah anak 
-kertas untuk belajar melipat, menggunting

Namun ketika anak bermain, sebagai orang tua harus tetap mendampingi, dan berikan mainan yang sesuai dengan perkembangannya.

















Tidak ada komentar:

Posting Komentar