Jumat, 17 April 2015

Depresi Disebabkan Kekurangan Serotonin, Mitos atau Fakta ?

Pada akhir 1980an terdapat teori yang sangat populer yang menyatakan bahwa peningkatan molekul sinyal serotonin merupakan salah satu pengobatan depresi, Berbagai pendekatan pun muncul salah satunya ialah melakukan pengobatan dengan menggunakan antidepresan Prozax di mana antidepresan tersebut bekerja meningkatkan serotonin. Ternyata kepopuleran anti depresan ini tak sebanding dengan efektivitas yang dimilikinya sebagai obat depresi.
Alan Frazer, Kepala Departemen Farmakologi Universitas Texas “saya pikir tidak ada badan yang meyakinkan pernah menemukan bahwa depresi berhubungan dengan hilangnya kadar serotonin”terangnya. Hal senada pun diucapkan oleh Prof. Dr. Joseph Coyle “ketidakseimbangan kimia merupakan pemikiran terdahulu dan ini sangat ketinggalan jaman”terangnya. 
Lebih mengejutkan lagi, ternyata obat ini bahkan tidak bereaksi pada 60-70% pasien depresi atau dapat ditarik kesimpulan bahwa kepercayaan akan meningkatkan serotonin untuk mengobati depresi tidak berbasis bukti atau hanya mitos belaka

Tidak ada komentar:

Posting Komentar