Jumat, 17 April 2015

Minuman Bersoda Erat Kaitannya dengan Penuaan Sel

Konsumsi minuman bersoda diberbagai negara sudah menjadi sebuah kebiasaan. Data yang dikeluarkan Havard School of Public Health, Boston menunjukkan sekitar 50% orang Amerika mengonsumsi minuman manis dimana 1 dari 4 konsumen mengonsumsi minuman bersoda yang mengandung 200 kalori. Namun sayangnya jarang sekali para konsumen menyadari bahwa kandungan gula dalam minuman bersoda sangatlah tinggi, tak heran jika angka obesitas meningkat  akibat konsumsi bersoda dengan kadar gula tinggi bahkan minuman bersoda dengan kadar gula tinggi pun dipercaya menyebabkan penuaan.
Penelitian tersebut merupakan penelitian yang dirilis oleh American Journal of Public Health. Penelitian yang melibatkan 5309 peserta berusia 20-65 tahun ini cukup mengejutkan. Peneliti menemukan dengan mengonsumsi 20 ons soda setiap hari dikaitkan dengan 4,6 tahun penuaan biologis tambahan yang didasarkan pada panjang telomere.

Cindy Leung, penulis penelitian “efek manis dari soda memiliki dampak pada panjang telomere dimana dampak efek ini hampir sama dengan efek merokok”terangnya.  Efek buruk dari minuman bersoda pun dinyatakan oleh Prof. Elissa Epel, peneliti “konsumsi rutin minuman bersoda dengan kadar gula tinggi akan mempengaruhi perkembangan penyakit dan tak jarang menyebabkan penuaan jaringan dan bisa saja hal ini terjadi pada anak-anak”terangnya. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar