Kamis, 28 Januari 2016

Cara Mudah Terhindar Flu saat Musim Hujan


Musim penghujan telah tiba itu berarti virus flu segera membentuk lapisan keras sehingga mudah menyebar pada suhu dingin. Selanjutnya virus ini akan mencair pada tubuh sesorang ketika virus sudah memasuki saluran pernapasan dan dengan mudah menginfeksi. Itu merupakan salah satu alasan mengapa musim penghujan erta kaitannya dengan mewabahnya flu, 
Namun tak perlu khawatir, anda bisa melakukan serangkaian cara untuk terhindar dari infeksi yang satu ini, diantaranya ialah 
Cuci tangan. Pada kenyataannya cuci tangan dapat menyingkirkan virus pada anggota badan. Karena sebelumnya kita tidak tahu barang yang kita sentuh sebelumnya dipegang siapa dan bisa jadi benda itu telah tersentuh oleh penderita flu. Disarankan untuk cuci tangan dengan air sabun selama 20 detik. Namun jika sulit bisa digantikan dengan hand sanitizer yang mengandung kadar alkohol lebih dari 60%. 
Hindari menyetuh wajah. Tangan merupakan anggota badan yang aktif dan sering kali virus flu berada disitu dengan menghindari menyentuh wajah maka anda terhindar dari masuknya virus ke dalam mata, hidung dan mulut. 
Olahraga. Rutin berolahraga bisa meningkatkan sistem kekebalan tubuh sehingga anda tidak mudah terserang penyakit. salah satu yang bisa dilakukan ialah aerobik. 
Konsumsi makanan bergizi. Konsumsi buah dan sayur dipercaya dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Anda dapat memilih buah dan sayur bewarna hijau gelap, kuning dan merah. Selain itu perbanyak pula konsumsi protein seperti ikan dan telur 
Tidur yang cukup. Tidur yang kurang dapat meningkatkan hormon stres yang berujung pada tubuh rentan terhadap penyakit. Maka disarankan tidur 7-9 jam sehari. 
Jangan merokok. Asap rokok diduga dapat membuat saluran hidung menjadi kering bahkan hal ini bisa berdampak pada rambut halus yang berjejer dihidung dan paru. Padahal rambut halus ini berfungsi untuk menyapu virus flu yang masuk ke dalam hidung. 
Vaksin. Vaksin dapat dilakukan 1 tahun sekali di pelayanan kesehatan 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar