Senin, 07 Maret 2016

Dear Mom, Hati Hati Pilih Mainan Untuk Si Kecil


Kata mainan sangat melekat pada anak anak. Bagi anak bermain merupakan suatu aktifitas yang menyenangkan dan merupakan metode bagaimana mereka mengenal dunia. Bermain tidak hanya sekedar mengisi waktu saja, melainkan kebutuhan bagi sang anak. Melalui bermain anak dapat menstimulasi perkembangan dan pertumbuhannya. Yang dimaksud stimulasi disini ialah perangsang yang datangnya dari lingkungan di luar individu anak. 
Stimulasi sangat penting karena diketahui bahwa anak yang mendapatkan stimulasi akan lebih cepat berkembang dibandingkan dengan anak yang kurang atau bahkan yang tidak mendapat stimulasi, selain itu stimulasi bisa menjadi penguat atau reinforcement. Pemberian stimulasi akan lebih efektif apabila memperhatikan kebutuhan anak sesuai dengan tahap perkembangannya. 
Namun, bagi para orang tua dengan anak usia dibawah 3 tahun disarankan untuk tidak memberikan mainan sembarangan karena bisa saja mainan justru tidak menstimulasi perkembangan anak. Bagi orang tua dengan anak dibawah 1 tahun di rekomendasikan untuk memilih mainan yang aman untuk dimasukan ke dalam mulut dan dipegang, alat permainan berupa gambar, atau mainan yang lunak salah satu contohnya ialah boneka.
Untuk anak 1-2 tahun maka orang tua bisa memberikan bola, alat yang dapat didorong, buku gambar, buku tulis, krayon atau pensil warna. Untuk 2-3 tahun maka mainan yang diajurkan ialah lilin yang dapat dibentuk, alat untuk menggambar, puzzle sederhana, dan berbagai benda dengan warna yang berbeda. Sedangkan pada anak usia 3-5 tahun berupa buku bergambar, majalah anak, kertas untuk melipat dan menggunting. Selama proses bermain, orang tua juga disarankan untuk turut mendampingi dengan harapan anak anda bisa tumbuh dan berkembang secara optimal.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar