Kamis, 24 April 2014

duh!alergi susu sapi bisa mengganggu pertumbuhan anak

Alergi yang berarti reaksi yang menyimpang dari suatu rangsangan luar, mungkin merupakan hal yang biasa, karna hampir semua orang pernah mengalami hal tersebut tentunya dengan penyebab alergi yang berbeda beda. Alergi tidak hanya dialami dibeberapa negara saja,melainkan hampir diseluruh negara di dunia, kasus tertinggi pun diduduki oleh UK.

Mengapa hal tersebut bisa terjadi?karena kejadian alergi berbanding terbalik dengan kejadian infeksi, berbeda dengan UK, Indonesia hadir dengan angka kejadian alergi paling sedikit dibandingkan negara lain. Hal itu disebabkan kejadian infeksi mendorongnya imun tubuh untuk membuat kekebalan terhadap berbagai alergen

Pencetus alergi pun sangat banyak seperti kapas, debu, dingin, makananan. Alergi makanan pun sangat banyak baik alergi pada jenis ikan ikanan, telur, atau susu sapi, namun yang menjadi masalah kini iyalah alergi susu sapi pada anak usia dibawah 3 tahun,yang dimana pada fase tersebut merupakan fase emas. Bahkan tak jarang anak mengalami kejadian ini, yaitu sekitar 0,3 hingga 7,5%

Mungkin kejadian ini sering dianggap lumrah,namun kejadian ini tidak boleh dianggap enteng, karena alergi susu membuat sang anak mengalami gangguan pertumbuhan. Hal tersebut mungkin saja terjadi karena anak dengan alergi susu tidak bisa mengonsumsi susu beserta olahannya serta anak dengan alergi susu sering mengalami gangguan tidur dan sering terbangun untuk beberapa kali. 

Lalu bagaimana menghindari gangguan pertumbuhan? Caranya sangat mudah yaitu berikan anak dengan susu soya, perhatikan pertumbuhannya terus menerus dan tidak lupa mensubtitusi atau mengganti makanan dengan jumlah gizi yang cukup. 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar