Senin, 12 Oktober 2015

Minum Susu Sebelum Tidur Bermanfaat , Mitos atau Fakta

Sebagian orang yakin adanya manfaat mengonsumsi susu sebelum tidur sehingga tak jarang sebagian orang melakukan hal ini sampai dia dewasa dan menerapkan hal yang sama pada keturunannya. Namun apakah bermanfaat? 
Perut lapar merupakan salah satu penyebab orang tidak dapat tidur begitu pula jika terlalu kenyang. Oleh karena itu mengonsumsi susu dipercaya sebagai konsumsi yang pas membuat perut tidak terlalu kenyang dan tidak kelaparan sehingga memudahkan seseorang untuk tidur. 
Susu sendiri mengandung asam amino tritopan  di mana menurut penelitian asam amino yang satu ini membantu konsumennya untuk lebih mudah tidur. Tritopan merupakan salah satu unsur di dalam otak yang dipakai untuk memproduksi melatonin dan serotonin serta membuat seseorang lebih rileks. Melatonin sendiri berperan membantu manusia untuk tidur dan bangun secara teratur serta melatonin juga bisa membantu menangani insomnia terutama pada lansia.
Sedangkan serotonin berperan dalam mengatur mood seseorang, membantu seseorang merasa tenang, rileks dan memicu rasa kantuk. Namun kandungan tritopan dalam susu sangat kecil oleh karenanya bukan berarti dengan mengonsumsi segelas susu bisa meningkatkkan kadar tritopan secara drastis kemudian menyebabkan kantuk. Sehingga tidak ada bukti yang kuat yang menegaskan bahwa triptopan dalam susu yang dikonsumsi sebelum tidur dapat memicu rasa kantuk. Namun bila anda menambahkan dengan camilan yang juga mengandung triptopan dengan sedikit karbohidrat diperkirakan rasa kantuk baru muncul.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar